mengoding profil mahasiswa dan rata rata tinggi anak anak


#TUGAS 7

assalamualaikum WR.WB......

kembali lagi dengan gue hahaha yang mana mengerjakan tugas mengoding untuk =

1.) Profil Mahasiswa

2.) mengitung Rata-rata tinggi 5 anak

oke untuk penjelasan gimana cara download dev c++ kalian bisa klik link dibawah ini


Nah .. sebelumnya gue udah ngulas juga gimana cara ngoding untuk rumus matematika anak SD ,sekarang gue mau membagi hasil pekerjaan gue yang baru dan dengan bentuk tipe data yang baru gue gunakan juga.

oke akan gue jelaskan satu persatu untuk kegunaan masing masing tipe data tersebut.

a.) Float = untuk mengelompokan bilangan bilangan decimal/pecahan , nahh jika kalian ingin membuat program yang mana diharuskan mengimput bilangan tersebut diharuskan menggunakan tipe data ini agar bisa jalan programnya.

b.) int = (integer) untuk mengelompokan bilangan bulat.

c.) char = untuk mengelompokan variable yang berupa karakter atau huruf , contoh = L. dan setahu gue biasanya untuk 1 huruf saja.

d.) string = untuk mengelompokan variable huruf ( sebuah kalimat panjang ) dan variable angka decimal maupun bulat. jadi misalnya kalian mau input program yang mana berupa kalimat panjang berisi koma (,) , titik (.) dan angka itu wajib menggunakan tipe data ini sob.

*naah untuk metode masukan cin nya pakai getline ( )*

Oke langsung aja nihhh gue kasih tahu yang pertama.

1.) Profil Mahasiswa.

disini gue menggunakan header yang umum / (iostream). lalu sebagai penjelasan saja untuk mau keluaran berupa TEKS maka yang kalian lakukan adalah membuat code seperti ini

contoh = cout << " bla bla bla.... " ;

dan untuk code ( \n ) dalam kode teks itu gunanya agar keluaran teksnya jadi enter untuk kalimat selanjutnya ( berjarak 1 tingkat line ).




seperti yang sobat lihat diatas yang kenapa gue hanya menggunakan tipe data String aja ? padahal kan bisa pakai tipe data yang sesuai ????....... ternyata disini gue bahwa tipe data String hanya bisa digunakan pada cin yang awal saja (bila sobat memakai banyak tipe data yang berbeda).

ya string membutuhkan konsisten yang mana bila pada line pertama itu string dan line kedua char/int/float, dan line ketiga string lagi maka yang terjadi keluaran program jadinya acak ( tidak teratur).

* kalau pakai tipe data string metode masukan harus dengan code ini getline ( ) *

di program yang gue buat ini kita mengimput data kita lalu nanti akan otomatis muncul keluaran lagi apa yang gue input.

Langsung coba aja sob kalau belum ngerti hahaha :D


2.) menghitung Rata-rata tinggi badan 5 anak.


oke sekarang akan gue jelaskan sedikit aja (emang sedikit benget infonya :p) , pertama tama kenapa gue harus pakai float semuanya ?pasti udah pada tau kan hahaha karena disini kita akan menghitung tinggi badan ke 5 anak yang mana tinggi seorang anak pasti ga bulat nilainya hehe (berupa bilangan yang pasti ada komanya XD) .

naah untuk kejelasan aja mengenai rumus ratarata = (a+b+c+d+e) /5, kenapa harus gue kurung ini a,b,c,d,e ??? , karena bila gue seperti ini ratarata= a+b+c+d+e/5 itu artinya gue hanya membagi tinggi di float e doang .

prinsipnya sama seperti matematika kalau ga ada kurung dan ada kurung kurawal, sejatinya pemrograman ini mirip mirip aljabbar lah hahah , yang mana ga terlalu susah .

langsung aja lihat dibawah buat lebih jelasnya.





naaah  untuk codingaya niih silahkan comot broo :D

1.)profil mahasiswa

#include<iostream>
using namespace std;

int main (){
cout<<"        PROFIl MAHASISWA \n";
cout<<"=================================\n";
string a,b,c,d,e,f,g;
cout<<"NAMA          :";
getline (cin,a);
cout<<"NIM           :";
getline (cin,b);
cout<<"TTL           :";
getline (cin,c);
cout<<"ALAMAT        :";
getline (cin,d);
cout<<"JENIS KELAMIN :";
getline (cin,e);
cout<<"IPK           :";
getline (cin,f);
cout<<"SEMESTER      :";
getline (cin,g);
cout<<endl;
cout<<" NAMA                :"<<a<<endl;
cout<<" NIM                 :"<<b<<endl;
cout<<" TTL                 :"<<c<<endl;
cout<<" ALAMAT              :"<<d<<endl;
cout<<" JENIS KELAMIN       :"<<e<<endl;
cout<<" IPK                 :"<<f<<endl;
cout<<" SEMESTER            :"<<g<<endl;
return 0;
}

2.)rata-rata tinggi 5 anak

#include<iostream>
using namespace std;

int main (){
float a;
float b;
float c;
float d;
float e;
float ratarata;
cout<<"masukkan tinggi anak 1:";
cin>>a;
cout<<endl;
cout<<"masukkan tinggi anak 2:";
cin>>b;
cout<<endl;
cout<<"masukkan tinggi anak 3:";
cin>>c;
cout<<endl;
cout<<"masukkan tinggi anak 4:";
cin>>d;
cout<<endl;
cout<<"masukkan tinggi anak 5:";
cin>>e;
cout<<endl;
ratarata=(a+b+c+d+e)/5;
cout<<"rata-rata tinggi badan kelima anak adalah =";
cout<<ratarata;
return 0;
}



sekitan dan terimaksaih :)

wassalamualaikum WR.WB...........................

Komentar

Postingan Populer